Kamis, 28 Juni 2012

I'dad Ramadhan



Yosh, dah mau Ramadhan, ayo siap-siaaaaaap!! :D 


1. Persiapan (atau i'dad) yang pertama : i'dad ruhi imani, alias persiapan ruh keimanan. 
    Persiapan ini dilakuin seawal mungkin. Dah pada tahu doa ini kan? 




Nah, itu salah satu bentuk persiapannya, yang kemudian diikuti dengan sebisa mungkin meminimalisir kemaksiatan sebelum Ramadhan. Buat warming up dalam rangka menyambut bulan suci... :)

 2. Persiapan kedua: persiapan fisik.

 
 Menjaga pola makan harian, misalnya. Membiasakan puasa sunah, misalnya. Beli dan minum madu buat stamina, misalnya. Membiasakan olahraga ringan, dan kalo perlu check up ke rumah sakit. Buat apa tuh semua? Pastinya buat mempersiapkan badan kita biar tar gak 'kaget' pas harus puasa sebulan penuh. Ya tho? :)


3. I'dad Maaliyah


Ini persiapan ketiga, yaitu persiapan harta. Dah pada tahu kan kalo di bulan Ramadhan itu pahala jadi berlipat ganda? Nah, itu bisa jadi kesempatan kita buat melipatgandakan pahala sedekah. Ayo nabuuuung... :)


4. I'dad Fikri wa 'ilmi 

Persiapan nomer empat: persiapan intelektual dan keilmuan. Yang termasuk dalam persiapan ini tuh kayak baca-baca buku tentang hal-hal yang berhubungan dengan puasa, banyak menghadiri majlis yang membahas perihal puasa, menghafal ayat-ayat atau do'a-do'a yang dianjurin saat puasa, juga memahami masalah-masalah dalam fiqih puasa. 


Nah, itu dia 4 i'dad Ramadhan. Saya dapat keempat-empatnya dari internet (termasuk penjelasan di bawahnya, walau saya edit di beberapa bagian), tapi karena sampe sekarang masih belum dapet sumber aslinya, jadi belum bisa saya cantumkan di sini.



                              



1 komentar:

faridah girl mengatakan...

ijin share ya kk.. thx ^^